Asia Tenggara tengah dilanda gelombang panas yang luar biasa, dengan beberapa wilayah mencatat suhu mencapai 42 derajat Celcius. Fenomena ini diperkirakan akan terus berlangsung dalam beberapa minggu ke depan, membawa dampak signifikan bagi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan.

Wilayah Asia Tenggara diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem dalam beberapa minggu mendatang, dengan suhu yang meningkat drastis dan hujan yang jarang terjadi. Negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina diperkirakan akan menjadi pusat perhatian karena rentan terhadap dampak yang ditimbulkan.

Langkah Efektif Bertahan Hidup Menghadapi Cuaca Panas :

    • Tetap Terhidrasi: Minumlah air putih yang banyak, minimal 2 liter per hari, meskipun tidak merasa haus. Hindari minuman berkafein dan beralkohol.
    • Lindungi Diri dari Sinar Matahari: Gunakan topi, kacamata hitam, dan pakaian longgar berwarna cerah saat beraktivitas di luar ruangan. Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 secara berkala.
    • Mencari Tempat Teduh: Hindari paparan sinar matahari langsung, terutama pada waktu terik (10 pagi – 4 sore). Habiskan waktu di ruangan ber-AC atau di bawah pepohonan rindang.
    • Mandi Air Dingin: Mandi air dingin atau menyeka tubuh dengan handuk basah untuk membantu menurunkan suhu tubuh.
    • Makan Makanan Sehat: Konsumsi makanan kaya air dan elektrolit, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, sup, dan yoghurt.
    • Memperhatikan Orang Lain: Bantu lansia, anak-anak, dan orang dengan penyakit kronis untuk tetap terhidrasi dan terhindar dari panas matahari.